HARI PERTAMA KELAS – The First Day of Class

HARI PERTAMA KELAS: APA YANG DAPAT ATAU SEHARUSNYA KITA LAKUKAN?
Oleh L. Dee Fink, Dipostkan Oleh Fernandes Arung
Dicetak ulang atas izin Universitas Oklahoma, Program Pengembangan Instruksi, 19 Juli, 1999.

Apa Yang Dapat Kita Lakukan Pada Hari Pertama Kelas? Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Salah satu jawaban yang umum untuk memulai perkuliahan hanyalah: “Ini adalah hari pertama, ini adalah perkuliahan pertama, kita masuk jauh.” Kemungkinan lain adalah: “Inilah silabus, pergilah membeli Buku Anda dan kami akan melihat Anda pada periode kelas berikutnya yang telah dijadwalkan.” Tak satu pun dari dua pilihan itu yang tampaknya diinginkan. Tetapi apa yang menjadi kemungkinan lain?
Beberapa tahun yang lalu sekelompok profesor di Universitas Oklahoma saling mengunjungi satu sama lain pada hari pertama kelas dan kemudian membahas apa yang mereka lihat satu sama lainnya lakukan. Tapi diskusi dengan cepat beralih dari apa yang mereka amati, hingga “Apa yang mungkin dilakukan?” Mereka akhirnya mengidentifikasi sembilan kemungkinan yang menarik, seperti yang dijelaskan di bawah ini. Seorang Guru tidak harus merasa berkewajiban untuk melakukan semua ini, tetapi melakukan satu pun atau beberapa di antaranya pada hari pertama (atau selama minggu pertama) tampaknya akan menyelesaikan sejumlah tugas penting untuk mendapatkan kelas dimulai dengan cara yang benar.

1. Libatkan siswa dengan cepat.
Hal ini dapat dilakukan dalam berbagai cara:
• setelah mereka memperkenalkan diri
• membiarkan mereka untuk berpikir dan menulis diam-diam
• Memerankan seluruh diskusi kelas atau kelompok kecil, dll
Tapi biarkan siswa tahu benar dari awal bahwa mereka akan menjadi peserta aktif tampaknya seperti pendekatan yang baik.

2. Identifikasi nilai dan pentingnya subjek.
Tidak semua siswa datang ke semua kelas dengan ide yang jelas tentang mengapa hal ini penting. Guru mungkin perlu untuk membantu mereka memahami pentingnya Program itu. Semakin cepat ini dilakukan, semakin cepat para siswa akan siap untuk menginvestasikan waktu dan energi dalam tugas belajar materi pelajaran.

3. Tetapkan harapan.
Hal ini dapat melibatkan hal-hal seperti apa yang guru anggap sebagai jumlah yang tepat dari masa studi dan pekerjaan rumah untuk kelas, pentingnya mengubah pekerjaan rumah tepat waktu, harapan tentang perilaku di kelas, bagaimana guru ingin berhubungan dengan siswa, dan berapa banyak interaksi kalangan siswa yang diinginkan. Hari pertama juga menawarkan kesempatan untuk mencari tahu harapan apa yang siswa memiliki dari guru dan kelas.

4. Bangunlah hubungan baik.
Hampir semua kelas akan lebih menyenangkan bagi guru dan siswa jika mereka sedikit mengenal satu sama lain. Pertukaran ini dapat dimulai dengan perkenalan, berbagi beberapa informasi latar belakang, dll

5. Ungkapkan sesuatu tentang diri Anda.
Kadang-kadang siswa dapat berhubungan dengan guru lebih produktif jika mereka dapat melihat dia sebagai manusia, misalnya, sebagai sesuatu yang lebih dari sekedar figur otoritas atau ahli materi pelajaran. Berbagi kisah-kisah pribadi dan mampu menertawakan diri sendiri dapat membantu proses ini.

6. Bangunlah kredibilitas Anda sendiri.
Kadang-kadang hal ini terjadi secara otomatis, tapi di lain waktu siswa perlu tahu tentang pengalaman kerja sebelumnya guru tersebut, pengalaman perjalanan, atau penelitian dan publikasi di suatu daerah. Memiliki pengetahuan ini dapat membantu siswa memperoleh keyakinan bahwa “guru tahu apa yang dia sedang bicarakan.”

7. Menetapkan “suasana” untuk kelas tersebut.
Guru yang berbeda lebih memilih iklim kelas yang berbeda: intens, santai, formal, pribadi, lucu, serius, dll Apapun iklim yang Anda inginkan, Anda harus mencoba untuk membangun ini lebih awal dan menentukan suasana untuk sisa semester.

8. Memberikan informasi administrasi.
Hal ini sering dilakukan dalam bentuk silabus, anggaplah Anda memiliki silabus dengan informasi ini di dalamnya: bahan bacaan apa yang siswa perlu, jenis pekerjaan apa yang akan terlibat, apakah jam kantor Anda; dimana kantor Anda berada; bagaimana kelas akan ditentukan, apa kebijakan Anda tentang kehadiran, makalah akhir, mengadakan ujian, dll

9. Memperkenalkan materi pelajaran.
Umumnya pendahuluan ini akan difasilitasi dengan memulai dengan beberapa jenis gambaran subjek.
• Apa itu?
• Apa saja bagian-bagian dari subjek?
• Bagaimana itu terhubung dengan jenis pengetahuan yang lainnya?

Catatan Akhir:
Ingat bahwa hal itu penting Anda lakukan pada hari pertama apa pun yang Anda ingin kelas lakukan pada sisa semester. Jika Anda ingin mereka untuk berdiskusi, berdiskusilah pada hari pertama. Jika Anda ingin mereka untuk bekerja dalam kelompok kecil, temukanlah sesuatu untuk mereka lakukan dalam kelompok kecil pada hari pertama.

Untuk Versi Bahasa Inggris Artikel di atas, anda dapat mendownloadnya DI SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s