A Book Review – Skills for Successful Teaching

Book ReviewBOOK REVIEW

Title: Skills for Successful Teaching
Writers: Barbara Allman, Sara Freeman, Jeffrey Owen, Sally Palow, & Vicky Shiotsu
Publisher: McGrow-Hill Children’s Publishing, USA
Year of Publication: 2000
Thick: 129 pages

Reviewer: Drs. Mukhlis  Rahman, M.Pd, Fernandes Arung, S.Pd, M.Pd, Burhanuddin, S.S, M.Pd, Joseph Tumiwa, S.S, M.Pd, Adi F Mahmud, S.Pd, M.Pd, Gunawan, S.Pd, M.Pd

PENGANTAR

Belajar dan mengajar adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam rana pendidikan. Mengajar tanpa proses belajar adalah hal yang dapat membawa seseorang pada keadaan ‘Paham-salah’ sebagai pengalaman yang lebih ekstrim dari keadaan ‘Salah-paham’. Sebaliknya, belajar tanpa mengajarkan sesuatu yang telah dipelajari adalah hal yang akan membawa seseorang pada keadaan yang tidak seutuhnya, dengan kata lain bahwa kehidupan seseorang sebagai makhluk sosial belum dapat dikatakan sebagai manusia seutuhnya, hal ini menggambarkan suatu sikap dan paradigma berpikir.
Dalam dunia pengajaran, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh seorang pengajar. Secara umum, ada tiga istilah yang sering digunakan dalam domain pembelajaran yakni Pendekatan, Metode, dan Tehnik pembelajaran. Ketiga hal tersebut merupakan satu paket awal yang harus dipahami oleh seorang pengajar. Namun demikian, terdapat beberapa hal yang tidak kalah pentingnya untuk dimiliki oleh seorang pengajar seperti kemampuan kognitif, kemampuan afektif, kemampuan psikomotor, dan kemampuan interpersonal. Sekalipun seorang pengajar memiliki pendekatan, metode, dan tehnik pembelajaran yang sudah tepat namun jika ia tidak memiliki beberapa kemampuan yang disebutkan di atas maka sia-sialah semuanya.
Buku yang berjudul Skills for Successful Teaching ini, memaparkan beberapa hal penting yang dapat dipahami oleh seorang pengajar sebagai konsep tentang bagaimana seorang pengajar dapat menjadi pengajar yang sukses. Para penulis buku ini mengatakan bahwa sikap adalah segalanya. Mereka memaparkan bahwa ‘sikap yang positif merupakan alat yang yang sangat kuat untuk membantu mengembangkan sikap antusias, harga diri, dan menciptakan suatu atmosfir yang kondisif pada pembelajaran’. Olehnya itu, sikap yang positif merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang pengajar dalam mengemban tanggung jawabnya dalam mendidik dan mengajar. Sikap yang positif dapat membuka pintu menuju peningkatan kognitif yang signifikan, sikap yang positif dapat membantu seseorang melakukan tindakan-tindakan posotif – psikomotor – yang diharapkan sebagai wujud respon dari tuntutan dan harapan seorang pengajar dari muridnya, dan sikap yang positif juga dapat membantu seseorang menumbuhkembangkan sikap dan perilaku sosial yang positif sebagai wujud nyata dari domain interpersonal.
Dengan membaca dan memahami isi buku ini maka diharapkan dapat memberikan wawasan dan memunculkan ide-ide baru yang berkualitas dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Dalam kesempatan ini pula, para pengulas buku ini mempersembahkan resensi atau ulasan yang sekiranya dapat membantu para pembaca untuk melihat inti pembahasan dalam tiap pokok pembahasan.

 

Salam,

Reviewers

File yang lengkap, silakan klik A BOOK REVIEW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s